Blog tentang dunia teknologi

Rabu, 05 Oktober 2016

Konsep Metode Pengembangan Sistem Waterfall



Waterfall model pertama kali diperkenalkan oleh Winstons Royce tahun 1970. Waterfall model merupakan model klasik yang sederhana dengan aliran sistem yang linier (Kristanto 2004).  Output bagi setiap tahap merupakan input bagi tahap berikutnya. Model ini memiliki lima tahapan dimana setiap tahapa selau di verifikasi atau testing. Tahapan model ini meliputi :


Requirement
Dalam tahapan ini jasa, kendala dan tujuan dihasilkan dari konsultasi dengan pengguna sistem. Kemudian semuanya itu dibuat dalam bentuk yang dimengerti user dan staf pengembang. Dengan kata lain, tahap ini merupakan tahap analisis kebutuhan.

Spesification
Dokumentasi spesifikasi sistem yang dibuat di periksa oleh pengembang. Selanjutnya jika diserahkan ke klien atau pengguna sistem. Jika disetujui, maka dilakukanlah penjadwalan pengembangan software. Kemudian melakukan tahap berikutnya yaitu desain.

Design
Proses desain sistem  membagi kebutuhan-kebutuhan menjadi sistem perangkat lunak atau perangkat keras. Proses tersebut menghasilkan sebuah arsitektur sistem keseluruhan. Desain perangkat lunak termasuk menghasilkan fungsi sistem perangkat lunak dalam bentuk yang mungkin ditranformasi kedalam satu atau lebih program yang dapat dijalankan. Tahapan ini telah menentukan alur software hingga pada tahap algoritma yang detail.

Implementation
Selama tahap ini desain perangkat lunak disadari sebagai sebuah program lengkap atau unit program. Desain yang telah disetujui, diubah dalam bentuk kode-kode program. Tahap ini, kode-kode program dihasilkan masih pada tahap modul-modul. Diakhir tahap ini, masing-masing modul di uji (testing) tanpa diintegrasikan.

Integration
Unit program diintegrasikan dan diuji menjadi sistem yang lengkap untuk menyakinkan bahwa persyaratan perangkat lunak telah dipenuhi. Setelah uji coba sistem diserahkan ke konsumen.

Operation mode
Normalnya ini adalah tahap yang terpanjang. Sistem dipasang dan digunakan. Pemeliharaan teramasuk perbaikan kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit sistem dan peningkatan jasa sistem sebagai kebutuhan baru ditemukan.

Model waterfall dapat ditujukkan pada gambar dibawah ini :
Konpsep Metode Pengembangan Sistem Waterfall