Blog tentang dunia teknologi

Senin, 24 Oktober 2016

Model Pengembangan Perangkat Lunak


       Model proses perangkat lunak masih menjadi objek penelitian. Ada banyak model umum atau paradigma yang digunakan untuk mengembangan perangkat lunak, antara lain:

1. Pendekatan Waterfall
       Berisi rangkaian aktivitas proses yaitu spesifikasi kebutuhan, implementasi desain perangkat lunak, uji coba dst. Setelah setiap langkah didefinisikan, langkah tersebut di sign off dan pengembangan dilanjutkan pada langkah berikutnya.

2.  Pengembangan secara evolusioner
       Sistem awal dengan cepat dikembangkan dari pelanggan untuk memproduksi sistem yang memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut kemudian sistem disampaikan. Sistem itu mungkin diimplementasikan kembali dengan pendekatan yang lebih terstruktur untuk menghasilkan sistem yang kuat dan maintable.

3. Transformasi formal
       Pendekatan ini berdasarkan pembuatan spesifikasi sistem formal secara matematik dan transformasi spesifikasi dengan menggunakan metode matematik atau dengan suatu program. Transformasi ini adalah correctness preserving, ini berarti bahwa kita dapat yakin program yang dikembangkan sesuai dengan spesifikasi.

4. Penggabungan sistem dengan menggunakan komponen‐komponen yang dapat digunakan kembali (reusable).
       Teknik ini menganggap bagian‐bagian dari sistem sudah ada. Proses pengembangan sistem lebih berfokus pada penggabungan bagian‐bagian daripada pengembangan tiap bagian yang sudah ada tersebut.

5. Berorientasi objek
       Teknik ini merupakan teknik terbaru yang sekarang banyak digunakan dan terus dikembangkan. Teknik ini memandang segala sesuatu sebagai objek sehingga dengan mudah pengembang memahami sistem yang akan dikembangkannya.

       Secara umum metodologi ini meliputi serangkaian tugas yang luas seperti analisis kebutuhan, desain, konstruksi program, pengujian, dan pemeliharaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar