Blog tentang dunia teknologi

Rabu, 05 Oktober 2016

Pengenalan dan sejarah android

         Sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini Android menjadi sistem operasi yang sangat populer dimasyarakat. Hampir semua gadget canggih memiliki sistem operasi berbasis android. Mulai dari jam tangan, handphone, tablet PC, TV, kamera dan alat canggih lainnya menggunakan android sebagai sistem operasinya. Sungguh sangat luar biasa, kesuksesan perusahaan ternama Google Inc inilah yang membuat android begitu disegani dikalangan masayarakat dunia. Perusahaan-perusahaan besar lainnya pun tak ragu untuk menggandeng Android ke dalam produk teknologi mereka, seperti Samsung, Sony, HTC, LG, Oppo, Asus, Xioami, Cross, Mito, dan lain sebagainya.

         Sebelum dibeli oleh Google, awalnya android didirikan oleh perusahaan bernama Android Inc yang terletak di Palo Alto, California pada bulan oktober 2003 oleh Andri Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Tujuan awal dari pembuatan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital. Namun, kemudian mereka menyadari pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar. Pada akhirnya, Android dialihkan sebgai sistem operasi bagi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (Apple belum meliris Iphone pada saat itu).

         Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2005, Google mengakusisi Android Inc dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Namun pendiri Android Inc seperti Rubin, Miner, Sears dan Chris tetap bekerja di perusahaan Google.

         Pada saat itu Android belum populer dan hanya sedikit orang yang tahu. Setelah itu, pada November 2007, Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan ponsel google dengan sistem operasi terbaru yang mereka namai dengan Android.

        Barulah pada tahun 2008, hal tersebut dapat direalisasi. Telepon seluler pertama kali yang menggunakan android ialah HTC Dream yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. Namun pada saat itu versi pertama Android belum memiliki nama, akhirnya Google memutuskan untuk memberi nama versi Android dengan nama makanan ringan, tujuannya tentu agar mudah diingat oleh para pengguna dan pecinta Android.

         Pada tahun 2009, Android kembali meliris Versi terbarunya yang diberi nama Android Cupcake. Setelah itu, perkembangan Android terus meningkat tajam, banyak perusahaan-perusahaan seperti Samsung dan Sony yang menggandeng Android sebagai Sistem Operasi (OS) dari produk teknologi meraka. Sekarang, sudah tak terhitung lagi berapa banyak smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasi. Seiring berjalannya waktu, Android terus meluncurkan versi terbarunya Sampai saat ini Android telah mencapai versi ke 7.0 dengan nama Nougat.